Jenis Investasi yang Bisa Kamu Pilih (Part 1)

Untuk memastikan kehidupanmu terjamin di masa depan, satu hal yang perlu kamu pikirkan adalah mengenai investasi. Investasi menguntungkan yang memungkinkan kamu memiliki simpanan untuk masa depan dan masa tuamu. Bagi kamu yang masih bingung mengenai investasi apa yang bisa diambil, jangan khawatir karena ini berikut ada daftar beberapa invetasi yang mungkin dapat membantumu:

Investasi Melalui Tabungan dan Deposito

tabungan dan depositoTabungan dan deposito merupakan invetasi tanpa risk karena uang hanya diendapkan di Bank. Wow, berarti enak dong? Yap, karena kamu tidak akan khawatir uangmu bakal berkurang. Namun hasil yang didapat juga tidak gede. Tabungan biasanya memiliki bunga 0% – 1%, bunga tabungan berjangka 2%-3% dan bunga deposito  3,5%-7%. Jika kamu endapkan uang banyak, hasilnya banyak namun jika dikit, berarti hasilnya juga dikit. Ya, investasi ini bisa disebut investasi simpanan untuk memastikan apapun yang terjadi, kamu masih megang uang nantinya. Bagi beberapa orang yang ingin melakukan investasi lain, investasi tabungan dan deposito merupakan tahap awal untuk pengumpulan dana.

Investasi Melalui Emas

investasi emasInvestasi emas merupakan investasi jangka panjang karena harga emas cendrung terus naik. Ini termasuk investasi tanpa risk. Cuma beda dengan tabungan dan deposito, kamu perlu menyimpannya emas ini dalam kurung waktu lama untuk mendapatkan harga jual yang tinggi. Ehm beneran? Yap, harga beli emas tertinggi pada tahun 2007: Rp 239.250 / gram dan pada tahun 2015 harga emas naik hingga Rp 545.000. Kenaikan harga beli berarti harga jual juga mengalami kenaikan. Ehm, gimana cara mau investasi emas? Tinggal beli di Antam, toko emas atau pengadaian. Pastikan emas yang kamu beli memiliki logo antam agar lebih aman dan lebih terpercaya. Emas asli Antam memiliki tanda seperti di bahwa ini:

Investasi Melalui Properti

investasi propertiTidak ada yang bisa memungkiri bahwa harga properti seperti tanah emang akan turus naik tiap tahunnya. Kenaikan bisa sangat cepat atau perlahan, namun pasti nilai tanah naik. Jika emas membutuhkan modal yang besar, pembelian tanah atau properti membutuhkan dana yang lebih besar  lagi. Emang gak ada yang murah? Ada, letak tanahnya biasanya di pelosok.  Dalam pembelian tanah, pastikan surat tanah lengkap dan kamu sudah melakukan balik nama untuk memastikan kamu tidak tertipu. Sama seperti emas, invetasi ini bersifat jangka panjang dan memiliki risk yang kecil.

Selain 3 invetasi bersifat aman di atas, masih ada jenis investasi lain dengan risk yang lebih tinggi. Untuk daftar investasi dengan risk yang lebih tinggi, bisa dicek di Jenis Investasi yang Bisa Kamu Pilih (Part 2). Sampai jumpa di artikel berikutnya. –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s