Kuras Oli Transmisi Matic Secara Berkala

Saat ini, mobil dengan transmisi automatic (matic) sudah sangat umum digunakan oleh masyarakat. Apalagi, masyarakat yang tinggal di area perkotaan dengan tingkat kemacetan yang tinggi. Bepergian dengan mobil matic dijadikan pilihan karena kemudahan dalam penggunaannya, dan cenderung tidak membuat lelah dibandingkan dengan mobil manual. Apalagi, perawatannya pun tidak berbeda jauh dengan mobil manual, yaitu ganti oli mesin secara berkala, dan berbagai hal lainnya.

Kuras OliHanya saja, ada satu perawatan yang hanya dimiliki oleh mobil matic saja, yaitu menguras oli transmisi matic secara berkala. Lama pengurasannya sendiri, tidak secepat oli mesin biasa. Biasanya, sekitar 2 atau 3 kali penggantian oli mesin biasa, barulah oli transmisi ini harus dikuras. Namun pastinya kapan, itu juga bergantung pada kondisi kendaraan sendiri dan biasanya tercantum pada buku panduan.

Oli transmisi matic atau yang biasa disebut Automatic Transmission Fluid (ATF) yaitu sebuah oli khusus yang berfungsi sebagai penghantar dalam mekanisme kerja perpindaha gigi secara otomatis. Jika kondisi oli ini tidak diperhatikan, maka akan berpengaruh pada manfaatnya dan membuat oli mudah panas. Oli yang panas ini dapat menyebabkan kopling hidrolik dan kampas rem menjadi cepat aus.

Selain terdapat perbedaan pada fungsinya, proses perawatan oli transmisi matic ini juga berbeda dengan oli mesin biasa. Jika oli biasa hanya perlu diganti dengan membuka baut dan membiarkannya mengalir keluar hingga habis, pada oli transmisi ini tidak bisa dilakukan. Proses penggantian oli ini dilakukan dengan cara menguras habis tangki oli transmisi menggunakan sebuah alat yang bernama ATF Charger. Dan yang harus diingat yaitu, tidak semua bengkel memiliki alat untuk menguras oli transmisi ini. Sebab itulah, jika kamu ingin memasukkan mobil ke bengkel untuk proses ini, pastikan terlebih dahulu bengkel tersebut memiliki alat ini. Sebab, ada beberapa bengkel biasa yang kurang memahami hal ini dan akhirnya hanya melakukan ganti oli biasa tanpa melakukan penguraasan oli transmisi. (Vita)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s