Pertimbangkan Berbagai Hal Sebelum Mengajukan Kredit Mobil Mandiri

Mau punya mobil, tapi uang masih terbatas. Daripada harus menunggu lama, akhirnya kredit mobil mandiri menjadi jalan keluarnya. Yap, inilah yang banyak dilakukan oleh masyarakat saat ini. Asalkan uang tabungan yang dimiliki cukup untuk membayar DP mobil impian, langsung deh datang ke dealer untuk mengajukan pembelian secara kredit. Apalagi, saat ini di berbagai pusat perbelanjaan saat ini, sering sekali ada pameran mobil dengan beragam brand yang menawarkan pembelian dengan DP murah.

Memang, pembelian mobil secara kredit ini sangat mempermudah dalam mewujudkan impian ingin memiliki mobil. Namun, berhati-hati yah jangan sampai keinginan dan kemudahan ini justru menjadi boomerang untukmu. Untuk itulah, ada yang sebaiknya diperhatikan sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit:

Tujuan membeli mobil

tujuanApa sebenarnya tujuanmu membeli mobil? Untuk pemakaian pribadi, gengsi, ataukah untuk menunjang usaha? Jika tujuanmu adalah untuk pemakaian pribadi agar mempermudahmu dalam bepergian ke berbagai tempat, sebaiknya pilihlah yang sesuai dengan kemampuanmu. Jika kamu baru mampu membeli mobil dengan harga 100juta rupiah, maka carilah mobil dengan kisaran harga itu namun dengan kualitas yang baik. Memaksakan diri membeli mobil yang memiliki harga di atas kemampuanmu, apalagi hanya demi gengsi, akan membuatmu terjebak selama periode pinjaman. Lain jika kamu membeli mobil untuk keperluan usaha. Selama periode cicilan, mobil ini akan memberikanmu penghasilan juga, jadi belilah mobil yang sesuai dengan jenis usaha yang kamu jalankan.

Kondisi keuangan

uangBagaimanakah kondisi keuanganmu saat ini? Jangan sampai, karena nekat mengajukan pinjaman untuk membeli mobil, penghasilanmu langsung habis terpakai. Lalu, bagaimana kamu bisa mmbeli bensin agar mobilmu bisa berjalan? Selain itu, apa kamu rela memotong pengeluaranmu yang lain hanya demi membayar cicilan mobil? Jadi, cobalah untuk realis. Jika belum mampu, jangan memaksakan diri. Atau, jika kamu benar-benar ingin membeli mobil, pilihlah mobil second dengan harga yang sesuai dengan kemampuanmu.

Jangka waktu pinjaman

waktuBerhati-hatilah dalam memilih periode datau jangka waktu pinjaman. Secara sepintas, kamu akan melihat bahwa semakin lama jangka waktu, kamu akan dipermudah karena total cicilan yang lebih rendah daripada jangka waktu pendek. Namun, jika kamu perhatikan lebih detail lagi, hal ini justru bisa membuat harga pembelianmu ini semakin tinggi. Alasannya, karena bunga yang kamu bayarkan akan semakin besar dan lama. Jadi, hati-hati ya dalam menentukannya. (Vita)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s