Pertimbangkan Ini Sebelum Mengajukan Kredit (part 2)

Hidup tanpa memiliki hutang, saat ini menjadi hal yang cukup sulit. Apalagi, semakin banyak yang membuka usaha jasa penyedia pinjaman untuk berbagai kebutuhan, dari yang bernilai cukup besar seperti Kredit Kendaraan Bermotor, hingga yang bernilai tidak terlalu besar seperti kredit peralatan rumah tangga. Memang, jasa kredit ini bisa menjadi hal yang cukup menguntungkan bagi kita, sebab kita bisa memiliki benda yang diinginkan meskipun dana yang kita miliki belum cukup banyak. Akan tetapi, ternyata hal ini juga bisa menjerumuskan.

Yap, kemudahan pengajuan atau pembelian berbagai barang secara kredit ini memang sering membuat seseorang terlena. Mereka asalah saja membeli barang dengan kredit tanpa banyak pertimbangan. Akibatnya, mereka kebingungan ketika harus membayar cicilannya. Nah, supaya kamu tidak menjadi salah satunya, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal ini sebelum mengajukan pinjaman:

Suku bunga

bungaJika kamu memang harus membeli suatu barang dengan cara kredit, coba perhatikan baik-baik suku bunga yang ditawarkan oleh pihak kreditur, dan bagaimana cara penghitungannya. Misalnya, apakah bunga yang dibebankan akan dihitung dari nilai pokok pinjaman, ataukah dari total cicilan perbulannya. Ataukah ada perhitungan lainnya? Selain itu, pertimbangkan juga berapa bunga yang akan dibebankan dari adanya keterlambatan pembayaran.

Penghasilan

incomeSesuaikan total cicilan hutang yang akan dibayarkan dengan penghasilan bulanan. Sebaiknya, total cicilan jangan melebihi 1/3 dari penghasilan yang kamu terima. Sebab, kamu pasti memiliki berbagai kebutuhan lainnya diluar cicilan hutang. Jadi, untuk menjaga agar hutangmu ini tetap dapat dibayar hingga akhir masa hutang, kamu harus memperhitungkannya dengan detail.

Cicilan lainnya

cicilanIni berlaku jika kamu memiliki cicilan lain selain dari hutang baru yang ingin kamu ajukan. Misalnya, kamu ingin mencicil mobil sementara saat ini kamu masih dalam masa mencicil pembelian rumah. Ini harus kamu perhitungkan baik-baik, karena dengan menambahkan pembelian secara kredit, artinya ada tambahan biaya tetap yang harus kamu bayarkan setiap bulannya.

Memang, fasilitas kredit ini dapat membantu kita mewujudkan keinginan saat uang terbatas. Namun ternyata, kesalahan perhitungan saat mengajukan hutang dapat membuat kita terjerumus dalam lingkaran hutang. (Vita)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s