Alat Pelindung Keselamatan Saat Bekerja di Pabrik

Alat Pelindung KeselamatanKecelakaan tentunya menjadi momok menakutkan bagi pegawai pabrik yang harus bekerja dengan alat-alat industri setiap harinya. Oleh sebab itu, untuk mengurangi risiko kecelakaan ketika bekerja, pekerja harus menggunakan alat pelindung keselamatan saat beraktivitas. Apa saja alat pelindung keselamatan yang harus digunakan saat bekerja di pabrik? Ini dia daftarnya:

  1. Helm pengaman atau safety helmet. Helm pengaman ini biasanya berwarna terang dan menyala sehingga bisa terlihat dari jarak jauh. Berfungsi untuk melindungi kepala dari hal-hal yang tidak diinginkan saat bekerja di pabrik, terlebih ketika bertugas di luar ruangan.
  2. Rompi pelindung atau safety vest. Pernah melihat rompi yang dilengkapi dengan iluminator? Rompi ini biasa digunakan oleh para pekerja di jalan ketika malam tiba. Iluminator yang melekat di rompinya akan memantulkan cahaya sehingga membuat penggunanya ‘terlihat’ meski minim cahaya. Di pabrik, rompi ini juga terkadang digunakan oleh pekerja sebagai penanda.
  3. Sabuk keselamatan atau safety belt. Meski bekerja di pabrik, bukan berarti sabuk keselamatan tidak digunakan. Ketika harus naik ke tempat tinggi atau ketika sedang mengoperasikan alat berat untuk memindahkan benda-benda, operator pun harus menggunakan sabuk keselamatan untuk melindungi operator dari hal-hal yang tidak diinginkan.
  4. Sarung tangan atau safety gloves. Sarung tangan yang digunakan untuk bekerja di pabrik tidak boleh licin, kaku, dan harus elastis. Fungsinya adalah untuk melindungi tangan agar tidak cidera saat bekerja.
  5. Pengaman telinga atau ear plugs. Suasana bekerja di pabrik pastilah bising dengan banyak suara di sekitar pekerja. Untuk itu, para pekerja yang bekerja di pabrik biasanya menggunakan pengaman telinga untuk melindungi indera pendengaran mereka agar tidak pecah.
  6. Sepatu boots. Sepatu boots ini berfungsi sebagai pengaman kaki saat bekerja di tempat yang basah, becek, atau pun berlumpur. Biasanya, bagian sol-nya dilengkapi dengan lapisan khusus yang melindungi dari benda tajam, panas, dan lain sebagainya. Dan lagi, sepatu ini biasanya antislip. Dengan demikian, kaki para pekerja akan tetap terlindungi dan juga tetap aman saat bekerja.
  7. Sepatu pelindung atau safety shoes. Ketika bekerja di tempat kering atau saat-saat biasa, pekerja diharuskan untuk memakai sepatu pelindung yang khusus. Modelnya memang mirip dengan sepatu pada umumnya, hanya saja bahannya terbuat dari kulit dengan sol dan karet tebal. Berfungsi untuk melindungi kaki agar tidak mengalami kontak langsung saat tertimpa benda tajam, berat, panas, atau cairan kimia. Sama seperti sepatu boots, sepatu pelindung pun tidak boleh licin agar tidak membahayakan para pekerja.

Selain tujuh alat pengaman di atas, pekerja juga bisa menggunakan kacamata dan masker jika dirasa perlu. Yang terpenting, sebisa mungkin jangan pernah melupakan alat-alat pengaman ketika bekerja. Sebab keselamatan adalah segalanya, bukan?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s