Waspada Terhadap Penawaran Asuransi Palsu

asuransiBagi kamu yang ingin mendaftar program asuransi, sekarang ini caranya sudah sangat dipermudah. Tidak perlu lagi bingung cari kontak agen asuransi untuk mendaftar atau bertanya, asalkan kamu punya jaringan internet, maka kamu bisa mendaftar asuransi online melalui situs perusahaan asuransi yang kamu inginkan. Meskipun dilakukan secara online, bukan berarti nama kamu akan langsung terdaftar begitu saja, jadi jika memang ada yang ingin kamu tanyakan bukanlah masalah. Cara ini justru sangat praktis, karena kamu tidak perlu mencari agen untuk mendaftar asuransi, tetapi agenlah yang nantinya akan menghubungimu dan mengonfirmasi mengenai keinginanmu menjadi pemegang polis.

Namun, berhati-hati ya dalam menerima telpon dari agen asuransi, sebab belum tentu orang yang menghubungimu adalah agen asuransi sungguhan. Bisa saja, mereka adalah agen asuransi palsu yang kebetulan saja menghubungimu disaat kamu baru saja mendaftar asuransi online. Lalu, bagaimanakah cara yang aman untuk bisa terhindar dari penipuan ini? Berikut ini adalah hal yang bisa kamu lakukan:

  • Tanyakan dari perusahaan asuransi manakah dia berasal. Biasanya, penipu yang mengaku agen asuransi ini mencari korbannya secara random. Jadi, jika memang penipu ini menghubungimu belum lama setelah kamu mendaftar asuransi online, bisa jadi ini hanya kebetulan dan bukan disebabkan karena data yang bocor. Sebab itulah, sangat penting untuk kamu memastikan bahwa agen yang menghubungimu memang berasal dari perusahaan asuransi tempatmu mendaftarkan diri. Meskipun ada kemungkinan penipu menjawab dengan tepat, namun kemungkinan ini hanya sedikit.
  • Jika penipu menanyakan mengenai data dirimu, jangan pernah memberikannya meskipun hanya sedikit. Bisa saja dia hanya pura-pura salah menyebutkan informasi tentangmu, dan kamu tanpa sengaja justru membetulkannya. Nah, hal ini sebaiknya tidak kamu lakukan. Sebab, informasi yang kamu berikan ini bisa jadi akan disimpannya untuk melakukan aksinya dikemudian hari, jika aksinya kali ini tidak berhasil.
  • Selain informasi tentang identitasmu, penipu biasanya akan berusaha untuk mencari tahu tentang keuanganmu. Misalnya, kamu menabung di bank apa saja, punya kartu kredit apa saja, dan berbagai hal lain. Sama halnya dengan identitas, jangan penah memberi info apapun seputar keuanganmu.

Jika memang kamu merasa ada yang mencurigakan dari agen asuransi yang menghubungimu, ada baiknya segera putuskan sambungan telepon dan lakukan konfirmasi pada perusahaan asuransi. Kamu bisa menghubungi customer service melalui line telepon atau email. Selalu waaspada terhadap hal aneh di sekitarmu, akan dapat membantumu terhindar dari penipuan. (Vita)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s