Kebiasaan Ini Bisa Membuat Rumah Menjadi Bebas Debu

bersihin-rumahDi mana pun kita tinggal, entah di rumah hunian atau di The Lana Apartment Alam Sutera, membuat tempat tinggal kita bebas dari debu merupakan hal yang mustahil. Pasalnya, debu dan bakteri pasti mengintai di segala sudut dan akan menumpuk ketika kita lengah. Namun, meski mustahil, bukan berarti hal itu tidak bisa dilakukan. Ada beberapa hal lho yang bisa dikerjakan agar rumah menjadi bebas debu. Ini dia triknya:

  • Rajin mengganti seprai tempat tidur. Tanpa disadari, tempat tidur merupakan sumber debu dan bakteri yang paling banyak dibanding bagian rumah lainnya. Mengapa? Pasalnya, ketika tidur tubuh kita akan mengeluarkan banyak keringat dan kotoran lainnya yang kemudian bertumpuk menjadi jamur, bakteri, dan bahkan debu. Semua itu menempel di seprai tempat tidur, lalu bertambah lagi keesokan harinya. Untuk itu, rajin-rajinlah mengganti seprai paling tidak seminggu sekali agar udara di kamar tidur tidak apak dan penuh debu.
  • Mengelap permukaan meja, rak, dan juga pajangan. Meja dan juga rak yang jarang digunakan, serta pajangan yang kita jajarkan di sudut ruangan ternyata menjadi tempat hinggap debu tanpa kita sadari. Coba saja colek permukaannya; terasa sekali ketika debu menempel di ujung-ujung jari kita. Tumpukan debu ini selain bisa mengganggu estetika pemandangan ternyata juga tidak sehat untuk pernapasan kita. Segeralah ambil kemoceng untuk menghalau debu yang menempel lalu lap dengan kain bersih agar debu tak hinggap lagi.
  • Buka jendela di pagi hari lalu tutup ketika matahari sudah meninggi. Membuka jendela agar udara di dalam rumah mengalami pertukaran memang baik, tetapi jangan dilakukan sepanjang hari. Pasalnya, angin yang berhembus bisa membawa debu dari luar ruangan ke dalam rumah. Oleh sebab itu, disarankan untuk membuka jendela di pagi hari ketika udara masih sejuk dan dingin lalu tutup kembali ketika matahari sudah meninggi.
  • Bersihkan karpet dengan penyedot debu secara berkala. Karpet yang kita gunakan untuk melapisi permukaan lantai meski terlihat bersih dan tanpa noda, ternyata bisa menjadi sarang debu dan bakteri. Gunakan vacuum cleaner atau penyedot debu untuk membersihkan karpet dan menyedot debunya. Dan setiap sebulan sekali, kita bisa membawanya ke laundry untuk dicuci secara menyeluruh agar lebih bersih.

Jika kita sudah melakukan hal-hal di atas, dijamin rumah akan terasa bersih dan bebas debu. Silakan dicoba dan semoga membantu, ya!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s