Beragam Jenis Sambungan Pipa

sambungan pipa

source: google

Pasti tahu dong dengan benda yang bernama pipa? Yah, walaupun mungkin kamu tidak memperhatikan harga pipa PVC atau jenisnya, namun kamu pasti sering melihat benda ini. Yap, pipa memang adalah benda yang bisa kamu temukan dimanapun. Di dalam rumah, atau dilingkungan sekitarmu. Meskipun pada banyak tempat, benda ini biasanya dipasang tersembunyi, namun tetap saja ada beberapa lokasi dimana pipa terpasang di area luar dan terlihat.

Nah, jika kamu memperhatikan pipa, kamu pasti tahu bahwa pada beberapa pipa sering terdapat sambungan. Tahukah kamu bahwa sambungan ini ternyata memiliki beragam jenis? Tenang saja jika kamu belum memahaminya, karena sekarang kita akan membahasnya.

Elbow

Ini adalah penyambung pipa yang berfungsi juga untuk membelokkan pipa. Sebab, pipa termasuk material yang kaku, sehingga membutuhkan bantuan penyambung jika ingin membelokkannya. Untuk besaran sudutnya sendiri cukup beragam, dari mulai 45 derajat hingga 90 derajat. Jadi, kamu bisa memilih yang menurutmu sesuai dengan kebutuhan.

Socket

Socket digunakan untuk menyambungka dua buah pipa yang memiliki ukuran diamater yang sama. Perbedaannya dengan elbow adalah, socket ini menyambungkan pipa secara lurus (tidak berbelok). Biasanya, pipa yang menggunakan socket adalah pipa yang memiliki panjang lebih pendek dari yang dibutuhkan, sehingga perlu disambungkan dengan pipa lainnya. Socket ini ada yang memiliki drat dalam dan ada juga yang polos (tanpa drat).

Tee

Tee merupakan penyambung pipa yang berbentuk seperti huruf T. Digunakan untuk membagi air menjadi 2 arah dengan jumlah atau debit air yang sama. Misalnya ketika ingin mengalirkan air secara lurus (dengan arah asal air) dan ke bawah.

Cross

Cross ini berbentuk seperti “+” dan akan membagi air menjadi 3 arah. Debit air yang dikeluarkan dari setiap sisi memiliki jumlah yang sama.

Reducing

Penyambung ini berfungsi untuk menurunkan debit air yang keluar setelah mewatinya, karena itulah dinamakan reducing. Bentuknya ada yang menyerupai socket, elbow, dan ada juga yang menyerupai Tee. Perbedaannya dibandingkan dengan elbow, socket atau tee yaitu, pada reducing ukuran sisi satunya akan lebih kecil dibandingkan dengan ukuran lainnya. Inilah yang menyebabkan debit air yang keluar akan berkurang. (Vita)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s