Beginilah Kondisi Situs Internet di Korea Utara

website korea utara

source image: cooks.org.kp

Mengingat majunya perekonomian serta pembangunan Korea Selatan, rasanya sedikit tidak bisa dipercaya bahwa Korea Utara yang berada tak jauh dari Korea Selatan memiliki kondisi yang sama sekali berbeda. Ya, tidak perlu jauh-jauh membandingkan jajaran gedung pencakar langit di Korsel dengan kondisi bangunan di Korea Utara; kondisi internet di negara ini pun cukup memprihatinkan. Jangan harap bisa mencicipi internet cepat karena di Korea Utara, kecepatan maksimumnya sungguh menyedihkan.

Akses internet di Korea Utara hadir melalui fiber optik dan juga broadband. Namun demikian, layanan internet untuk individu dan instansi hanya disediakan melalui jaringan bebas bernama Kwangmyong sementara untuk akses internet global dibatasi untuk orang-orang tertentu saja. Hanya ada satu ISP yang menyediakan koneksi internet di Korea Utara, yakni Star Joint Venture Co. sejak 21 Desember 2009 lalu. Sebelum menggunakan layanan ini, akses internet Korea Utara diperoleh melalui hubungan satelit ke Jerman atau China Netcom. Itu pun tidak bisa dilakukan setiap saat karena hanya bisa digunakan ketika pemerintah memerlukannya.

Tidak hanya pembatasan penggunaan internet saja yang terjadi di Korea Utara, pembatasan informasi juga berlaku di sini. Bisa dilihat dari kondisi situs internet yang ada di negara tersebut seperti yang tertulis di bawah ini:

  • Didominasi dengan informasi tentang Kim Jong Un. Sebagian besar situs di Korea Utara didominasi dengan berita-berita mengenai pemimpin mereka yaitu Kim Jong Un. Beritanya pun berputar pada kegiatan dan aktivitas Kim Jong Un dalam memimpin Korea Utara. Situs di Korea Utara ditulis dalam bahasa Korea, meskipun ada pula yang mengandung bahasa Inggris.
  • Tampilan situs yang kuno. Tidak hanya jumlah situs yang terbatas, tampilan situs yang ada di Korea Utara pun jarang diperbarui. Akibatnya, situs ini desainnya tampak kuno dan sangat lama ketika dibuka. Tidak seperti situs berita atau situs lain yang nyaman untuk dilihat, user interface dan user experience terhadap situs-situs ini sangatlah buruk. Tidak hanya itu, mengingat tidak semua orang bisa mengakses internet, trafik pengunjung ke setiap situs pun sangat rendah.
  • Tidak menampilkan sistem masyarakat dan cara kerja negaranya. Situs-situs di Korea Utara memang beraneka macam, ada yang berupa situs berita hingga situs yang memperkenalkan budaya serta kesenian. Salah satu contohnya adalah laman web cooks.org.kp yang menyajikan berbagai foto makanan Korea Utara hingga daftar berbagai restoran Korea Utara, termasuk Okryugwan, restoran mie dingin paling terkenal di Pyongyang. Ada juga situs film seperti korfilm.com.kp yang menampilkan berbagai film yang diproduksi oleh Korea Utara. Namun demikian terlepas dari semua situs tersebut, situs yang ada di Korea Utara tidak pernah menampilkan sistem kerja negaranya.

Hingga saat ini, situs yang ada di Korea Utara masih sangat terbatas dan bahkan belum mencapai angka 50.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s