Baiknya Ibu Hamil Tidak Lakukan 4 Hal Ini

ibu hamil

image source: NannySOS

Ketika hamil, Ibu tentunya selalu dilarang untuk melakukan berbagai hal yang sebenarnya sudah sering dilakukan pada saat sebelum hamil. Misalnya, mengonsumsi makanan pedas, mandi air panas, mengangkat beban berat, tidak boleh duduk di pintu, dan sebagainya. Kenapa ini dilarang? Selain dapat membahayakan tubuh ibu hamil itu sendiri, bisa pula menganggu kesehatan janin dalam rahim. Meskipun Ibu selalu meminum vitamin untuk ibu hamil, akan tetapi tetap melanggar larangan ini tentu berbahaya bagi janin.

Untuk itu, selama periode kehamilan pastikan Ibu tidak melakukan beberapa hal ini. Apa saja? Yuks, simak daftarnya disini, hasil mengutip dari situs alodokter:

  • Merawat kuku ke salon kecantikan. Apakah Ibu suka mempercantik ke salon? Atau sering menggunakan kuku palsu? Baiknya, mulai dari sekarang Ibu harus mengurangi kegiatan tersebut. Mengapa? Menurut sebuah penelitian, ibu hamil yang terlalu sering menghirup kosmetik yang terdapat di salon kecantikan, maka dapat membahayakan kesehatan tubuh. Bahkan, yang paling parahnya ini bisa menggangu perkembangan janin dalam rahim. Serem, kan?
  • Membersihkan tempat tinggal kucing kesayangan. Pastikan selama hamil, Ibu tidak memegang kandang kucing apalaginya membersihkannya. Pasalnya, membersihkan kandang kucing berisiko memunculkan penyakit berbahaya seperti Toxoplasma (penyakit yang timbul akibat dari tubuh diserang bakteri jahat yang berasal dari kotoran maupun bulu kucing). Apabila Ibu terjangkiti penyakit ini, biasanya dapat menyebabkan komplikasi pada kandungan dan bahkan bisa mengakibatkan ibu keguguran.
  • Mandi menggunakan air panas. Saat dingin, Ibu tentu sering mandi dengan air panas? Namun, jangan lakukan ini ketika hamil ya, Bu. Kenapa? Mandi dengan air panas bisa membahayakan tubuh ibu hamil dan janin di kandungan. Yang paling menakutkan, jika Ibu keseringan berendam dengan air panas saat trimester pertama kehamilan berisiko mengalami keguguran.
  • Mengonsumsi makanan pedas. Baiknya, selama hamil Ibu tidak mengonsumsi makanan pedas. Selain dapat berbahaya untuk janin, makanan pedas bisa berisiko memunculkan gangguan pencernaan pada tubuh yang ditandai dengan diare. Tidak hanya itu, makanan pedas pun dapat mengakibatkan Ibu merasa tidak nyaman karena diare yang dialami.

So, jangan lakukan beberapa hal di atas saat hamil ya, Bu! –SH–

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s