Jangan Install Aplikasi Palsu di Play Store, Kenapa?

aplikasi

image source: kompas

Saat mengunduh sebuah aplikasi di Google Play Store dengan memanfaatkan internet broadband murah, pernah gak sih kamu menemukan jika terdapat aplikasi palsu di situs tersebut? Nah, apabila kamu bertemu dengan aplikasi tersebut, sebisa mungkin jangan membukanya apalagi berniat untuk menyimpannya di dalam handphone. Mengapa? Sebab, aplikasi palsu ini dapat membahayakan handphonemu dan bahkan bisa mengambil alih data pribadimu yang ada di dalam handphone. Selain itu, aplikasi palsu pun menjadi pembuka jalan masuknya virus berbahaya ke handphonemu. Serem gak, tuh?

Tidak cukup sampai disitu, pemakaian aplikasi palsu ini juga bisa menimbulkan beberapa masalah. Apa sajakah? Simak penjelasannya disini hasil rangkuman dari jalantikus.

  • Terjangkiti virus. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, aplikasi palsu ini memudahkan masuknya virus ke dalam handphone memang benar adanya. Kok, bisa? Yap, ini terjadi disebabkan karena kemunculan iklan di aplikasi palsu tersebut. Apabila kamu iseng membuka iklannya, maka tidak menutup kemungkinan handphone kamu bisa langsung dijangkiti oleh virus. Biasanya, jika virus ini sudah merajalela di handphonemu, siap-siap saja data pribadimu hilang lantaran virus ini menghilangkan seluruh datamu di handphone.
  • Lebih boros data internet. Siapa bilang aplikasi palsu tidak berbahaya? Buktinya, sudahlah merajai seluruh data pribadi di handphone, aplikasi palsu ini pun bisa membuat data internet lebih boros dibandingkan memakai aplikasi asli. Parahnya lagi, aplikasi palsu ini bisa menghabiskan kuota internet hingga 80% lebih cepat daripada penggunaan biasa. Jika begini, tentu kamu tidak akan bisa menggunakan handphone untuk chat bersama dengan teman di media sosial.
  • Password medsos diambil alih. Jangan salah, seluruh aplikasi palsu ini pun ternyata bisa mengambil alih password media sosialmu. Maksudnya, seluruh password medsos kamu diganti dengan yang baru, sehingga kamu tidak bisa lagi mengakses medsos yang kamu miliki. Sedikit info, biasanya aplikasi palsu menyuruh kamu login seperti biasa sesuai aturan menurut aplikasi asli. Untuk itu, kamu perlu selalu berhati-hati ya, guys!

Selain poin di atas, menggunakan aplikasi palsu pun bisa membuat performa handphone menjadi lemot padahal tidak mengunduh banyak aplikasi serta muncul banyak iklan di laman utama handphone. Semoga bermanfaat! –SH–

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s