Temulawak dan Kunyit, Apakah Berbeda?

temulawak dan kunyitJika dilihat sekilas, memang tidak akan terlihat perbedaan diantara kedua tanaman rempah ini. Akan tetapi, bila diperhatikan dengan seksama maka sebenarnya tanaman yang sering dijadikan sebagai bumbu pelengkap masakan sekaligus untuk obat herbal berbentuk ekstrak kunyit maupun ektrak temulawak obat liver ini ternyata sangat berbeda sekali, loh! Salah satunya adalah dari segi rasa, dimana temulawak cendrung memiliki rasa sedikit pahit, sedangkan kunyit lebih manis.

Selain perbedaan itu, masih ada beberapa perbedaan signifikan yang masih dapat dilihat dari kedua rempah-rempah ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Manfaat. Dari segi namanya saja, kedua rempah ini sudah memiliki perbedaan apalagi masalah manfaat yang diberikan. Dimana, temulawak sendiri bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, sehingga jika anak tidak mau makan sangat cocok diberikan obat herbal yang mengandung rempah satu ini. Sedangkan, untuk kunyit lebih bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan.
  • Bentuk. Apabila dilihat, bentuk dari temulawak dan kunyit ini memang sangat mirip karena masuk keluarga Zingiberaceae atau dikenal dengan jahe-jahean. Namun, jika ditelisik lebih dalam, maka temulawak sendiri memiliki garis hitam di bagian tengah daunnya, sedangkan pada kunyit tidak mempunyai garis atau polos.
  • Aroma. Perbedaan berikutnya adalah datang dari aroma yang diberikan. Untuk kunyit sendiri aromanya lebih kuat dan sangat khas dibandingkan dengan temulawak. Ini bisa dirasakan jika langsung mencium bagian dalam dari kedua rempah ini.
  • Warna. Tidak menutup kemungkinan, kebanyakan dari kita sangat sulit untuk membedakan kedua warna dari rempah ini karena memang warnanya sangat mirip, yakni kuning keorangenan. Akan tetapi, jika dilihat lebih teliti, maka akan terlihat perbedaannya. Dimana, temulawak berwarna kuning orange dengan guratan hitam di bagian rimpang dan sedikit lebih pudar. Namun, untuk kunyit berwarna orange cerah.

Bagaimana? Sudah tahukan sekarang perbedaan antara temulawak dan kunyit? Nah, jangan salah lagi ya ketika ada yang menyuruh kamu membedakan kedua rempah-rempah yang dijadikan sebagai bumbu masakan dan obat herbal ini. Semoga artikel ini memberikan banyak manfaat untuk kamu, yes! –SH–

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s