Lakukan Pemanasan dan Pendinginan Ini Sebelum Berenang

pemanasan sebelum berenangSebelum berolahraga, kita wajib untuk melakukan pemanasan. Termasuk juga ketika kita akan berenang. Jika tempat yang dikunjungi adalah waterpark Jakarta dan tujuanmu hanyalah menikmati wahana air yang ada di sana, mungkin pemanasan tidak terlalu dibutuhkan. Meskipun begitu, akan lebih baik jika pemanasan tetap dilakukan. Sebab, dengan melakukan pemanasan maka otot, jantung, dan berbagai organ lain dalam tubuh siap untuk aktifitas fisik yang sesungguhnya.

Sebenarnya, melakukan pemanasan bisa dengan cara yang sederhana, yaitu dengan melakukan beberapa cara berikut ini: (source: hellosehat)

Pemanasan Di darat

Lakukan beberapa gerakan sederhana seperti:

  • Loncat atau lari di tempat
  • Posisikan lengan lurus ke samping dan lakukan gerakan memutar secara bersamaan.
  • Angkat salah satu kaki dan lakukan gerakan memutar searah jarum jam. Lakukan pada kedua kaki secara bergantian.
  • Namun, jika kamu ingin melakukan pemanasan yang lebih serius, bisa melakukan beberapa gerakan yang lebih berat. Lakukanlah pemanasan ini setidaknya 10 hingga 15 menit sebelum masuk ke dalam kolam.

Pemanasan Di kolam

Pemanasan di darat memang penting, tetapi bukan berarti kamu boleh langsung berenang begitu masuk ke dalam kolam. Ada baiknya jika kamu melakukan pemanasan lagi dengan gerakan yang berbeda saat berada di dalam kolam. Caranya sangat sederhana, yaitu dengan menggerakkan kakimu dengan gerakan seperti mendayung. Setelah itu, kamu bisa berenang santai mengelilingi kolam selama beberapa putaran.

Setelah kegiatan berenang selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan pendinginan. Pendinginan ini berfungsi untuk mengatur detak jantung agar kembali normal. Selain itu, selama berolahraga oto akan bekerja memproduksi asam laktat. Jika dibiarkan, maka asam laktat ini akan menumpuk dalam tubuh. Pendinginan ini akan membantu untuk mengembalikan kadar asam laktat ke batas normal.

Pendinginan bisa dilakukan saat masih berada di kolam. Caranya yaitu dengan memegang dinding kolam, dan lipat hingga lutut sejajar dengan dada. Kemudian tundukkan kepala antara bahu untuk meregangkan punggung, tahan posisi sesaat kemudian hentakkan kaki dan dorong tubuh ke luar untuk meluruskan tubuh. Melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum berenang sangatlah penting, jadi pastikan untuk tidak melewatkannya ya. (Vita)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s