Ngambil Deposito Sebelum Jatuh Tempo, Apakah Boleh?

uangDeposito merupakan salah satu media investasi yang kerap dimanfaatkan oleh penginvestor untuk menyimpan dana keuangan. Deposito ini dianggap memiliki risiko yang jauh lebih rendah dibandingkan reksadana maupun saham, sehingga tidak heran jika banyak yang memilih media satu ini untuk tempat investasi. Yang paling menguntungkannya adalah dana deposito ini nantinya bisa Anda gunakan untuk modal usaha apabila berniat untuk membuka usaha sehingga Anda tidak perlu lagi melakukan pinjaman tunai kepada pihak bank atau digunakan untuk keperluan lainnya.

Meski demikian, Anda mungkin sempat bertanya-tanya, apakah boleh mencairkan deposito ini sebelum jatuh tempo? Jawabannya tentu saja tidak boleh! Apabila Anda tetap ngotot ingin mencairkannya, maka siap-siap saja Anda akan menanggung risiko ini, di antaranya: (source: moneysmart.id)

  • Terkena denda & penalti. Memang, uang yang sudah Anda deposito kan itu milik pribadi, akan tetapi jika diambil sebelum jatuh tempo akan langsung dikenai denda sekaligus penalti oleh pihak bank. Namun demikian, tidak semua bank memberlakukan aturan seperti ini. Biasanya, untuk dana penalti yang harus dikeluarkan berbeda antara satu bank dengan bank lainnya. Jika di bank pertama Anda dikenai potongan penalti dengan hitungan “jumlah deposito x 0,5 persen”. Dan adapula yang menghitung “nominal deposito x biaya penalti x sisa hari deposito : 365 hari”. Jika hasil yang didapat kurang Rp 100ribu biasanya akan langsung dibulatkan menjadi Rp 100ribu.
  • Tidak mendapatkan bunga deposito berjangka. Risiko lainnya yang harus Anda terima apabila mencairkan dana sebelum jatuh tempo adalah tidak mendapatkan bunga deposito berjangka meski tanggal jatuh tempo tinggal satu bulan lagi. Akan tetapi, lagi-lagi aturan ini tidak diberlakukan oleh semua bank. Misalkan saja, ada bank yang masih memberikan uang bunga deposito berjangka dari pertama kali nasabah mulai mendepositokan dana hingga di bulan terakhir mencairkan dana deposito. Contohnya, Anda memiliki keperluan mendesak dan harus mencairkan dana deposito, namun baru di bulan ke sebelas padahal jatuh temponya di bulan 12. Nah, Anda masih bisa mendapatkan bunga deposito dari bulan pertama hingga kesepuluh.

So, Anda mau mengambil deposito di awal atau nanti setelah jatuh tempo? Semua pilihan ada di tangan Anda! –SH–

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s