Tips Menjaga Keamanan dan Mencegah Copet Saat Naik Ojek

hindari pencopet

image source: Corporate Travel Safety

Kasus kriminalitas masih saja marak di Indonesia, bahkan beberapa kasus ada yang sampai merenggut nyawa. Karena itu, setiap masyarakat harus meningkatkan kewaspadaannya kapan pun dan dimana pun mereka pergi. Selain waspada, tak ada salahnya memiliki premi asuransi jiwa karena kita tidak dapat menghindari risiko sepenuhnya.

Biasanya kriminalitas sering terjadi ketika sedang menaiki transportasi umum. Bukan hanya di bis atau commuterline saja, ketika naik ojek pun kita harus berhati-hati. Meskipun sedang melaju, tetap saja pencopet bisa beraksi. Akan tetapi, banyak yang kurang hati-hati dan lengah saat naik ojek. Akibatnya para pelaku tindakan kriminal pun menjadi mudah melancarkan aksinya. Meskipun demikian, tak perlu khawatir, tetap ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah pencopetan saat naik ojek. Seperti di bawah ini misalnya:

  • Jangan menggunakan ponsel

Memang sekarang ini rasanya sulit untuk berpaling dari layar ponsel. Akhirnya banyak orang yang tetap sibuk menggunakan ponsel tidak pada tempatnya. Padahal, ketika sedang berada di tempat publik, penggunaan ponsel bisa jadi membahayakan lho. Oleh sebab itu, ketika sedang naik ojek, sebaiknya simpan ponsel di tempat yang aman.

  • Taruh tas di depan

Penggunaan tas juga sangat mempengaruhi keamanan saat naik ojek. Jangan letakan tas di belakang atau bahkan di samping. Letak tas ini merupakan sasaran empuk bagi para copet. Karena itu, letakanlah tas di depan badan dan pegang dengan erat.

  • Jangan menggunakan perhiasan yang mencolok

Pencopet punya banyak trik untuk menjalankan aksinya. Namun agar strategi mereka tidak sia-sia, tentunya mereka memilih dan menentukan orang tertentu yang kira-kira mudah dicopet. Karena itu, jangan terlihat terlalu mencolok

  • Selalu waspada

Meski sebagai penumpang, kita harus tetap waspada dengan keadaan sekitar. Jangan lengah dan perhatikan kondisi jalanan dan ingatkan kepada driver ojek untuk tetap berhati-hati selalu. Untuk keselamatan berkendara, sebaiknya jangan duduk terlalu ke belakang karena akan menggaggu keseimbangan pengemudi ojek.

Nah, itu dia beberapa tips menjaga keamanan dan meminimalisir risiko pencopetan saat naik ojek. Berdoa selalu dan tetap waspada ya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s