Mengenal Istilah Recreational Water Illness (RWI)

kolamMungkin banyak dari Anda yang belum tahu dengan istilah tersebut. Padahal, untuk Anda yang suka berenang, baik dengan memanfaatkan promo waterboom ataupun tidak, sangat penting untuk memahami istilah tersebut. Sebab, istilah tersebut sangat erat kaitannya dengan kolam renang dan kesehatan Anda. Nah, supaya leih jelas, langsung saja yuk kita bahas istilah tersebut secara mendetail.

Menurut situs klikdokter, Recreational Water Illness (RWI) adalah sekelompok penyakit yang disebabkan oleh kuman dan bahan kimia yang ditemukan dalam air. Air yang dimaksud adalah air yang ada pada kolam renang, hot tubs, water parks, danau, kolam, laut, sungai, dan area lainnya di mana kita biasa memanfaatkannya untuk berenang. RWI bisa terjadi ketika kita tanpa sengaja menelan air kolam tempat kita berenang sehingga kuman atau bahan kimia masuk ke dalam tubuh. Selain itu, bisa juga terjadi akibat kita menghirup uap air yang telah terkontaminasi. Biasanya, hal ini terjadi karena air tempat kita berenang mengandung bahan kimia yang menimbulkan uap berbahaya dan mencemari udara sekitar tanpa kita sadari.

Ada beberapa jenis RWI yang cukup sering terjadi, antara lain:

  • Infeksi saluran cerna
  • Infeksi kulit
  • Infeksi pernapasan
  • Infeksi mata
  • Neurologis
  • Infeksi pada luka

Di antara penyakit di atas, infeksi saluran cerna berupa diare adalah yang paling sering dilaporkan. Hal ini mungkin disebabkan seringnya kita tanpa sengaja menelan air kolam pada saat berenang, meskipun hanya sedikit.

Anda mungkin bertanya, bukankah kolam renang menggunakan klorin untuk membunuh kuman? Lalu, kenapa kita masih bisa terkena RWI jika berenang di kolam renang?

Menurut situs cdc.gov, jika berada dalam kolam dan air panas dengan pH dan kadar disinfektan yang tepat, klorin memang bisa membunuh sebagian besar kuman penyebab RWI dalam waktu kurang dari satu jam. Namun, ada juga kuman yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dibunuh oleh klorin, seperti Crypto atau Cryptosporidium yang bisa bertahan berhari-hari. Bahkan, meskipun kolam sudah memiliki pH dan tingkat disinfektan yang benar.

Lalu, bisakah RWI dicegah?

Anda mungkin sulit mencegahnya secara penuh, tetapi Anda bisa mengurangi risiko RWI dengan menghindari menelan air kolam saat berenang, menjaga kebersihan tubuh sebelum dan sesudah berenang, dan juga hindari berenang di kolam yang terlihat tidak bersih. (Vita)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s