Jembatan Barelang, Ikon Kota Batam yang Menghubungkan 7 Pulau

Jembatan Barelang

image source: Newswantara

Di antara beberapa jembatan ikonik di Indonesia, Jembatan Barelang memiliki keistimewaan sendiri. Jika Anda sedang menginap di Hotel di Batu Aji Batam cobalah untuk berwisata ke Jembatan Barelang. Jembatan ini bisa dibilang merupakan ikon Batam dan merupakan jembatan terpanjang di Batam yang mencapai 2264 meter. Jembatan Barelang juga menghubungkan pulau-pulau kecil yang cukup banyak. Totalnya, ada tujuh pulau kecil yang dihubungkan oleh Jembatan Barelang ini. Di antaranya adalah pulau Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Setotok, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru.

Selain pulau ketujuh pulau kecil tersebut, Jembatan Barelang juga menghubungkan tiga pulau besar, yakni Pulau Batam, Pulau Rempang dan Pulau Galang. Nama Jembatan Barelang diambil dari suku kata tertentu yang diambil dari nama ketiga pulau besar tersebut, Batam, Rempang, dan Galang.

Rencana pembangunan Jembatan Barelang ini dulunya dipelopori oleh mantan presiden B.J. Habibie. Beliau melihat potensi Industri dari pulau Batam dan ingin mengembangkannya. Pembangunan jembatan ini dimulai dari tahun 1992 hingga 1998 dan memakan biaya sekitar Rp400 miliar rupiah.

Jembatan Barelang ini terbagi menjadi 6 jembatan yang diberi nama sesuai nama Raja terdahulu yang pernah berkuasa. Keenam jembatan ini di antaranya adalah:

  • Jembatan Tengku Fisabilillah
  • Jembatan Narasinga
  • Jembatan Ali Haji
  • Jembatan Sultan Zainal Abidin
  • Jembatan Tuanku Tambusai
  • Jembatan Raja Kecil

Masing-masing jembatan tersebut memiliki daya tarik tersendiri. Namun yang paling menarik adalah Jembatan Barelang Tengku Fisabilillah. Rangkaian pertama Jembatan Barelang ini merupakan jembatan yang paling populer dan sering menjadi tujuan para wisatawan. Menjelang sore hari, semakin banyak pengunjung yang datang. Dari pinggir jembatan tersebut, pengunjung bisa menikmati pemandangan langit dan pantai serta angin segar. Pemandangan di jembatan ini juga akan semakin indah ketika sunset atau sunrise.

Di dekat Jembatan Barelang juga terdapat Pantai Dendang Melayu yang dilengkapi dengan bangku dan gazebo. Sambil duduk-duduk santai, pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang jembatan ikonik ini. Jadi, saat pergi ke Batam, jangan lupa untuk kunjungi Jembatan Barelang ya! (Rima)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s