Mengenal Business Plan dan Manfaatnya

bisnisKetika hendak mengajukan pinjaman usaha, salah satu persyaratan yang sering diminta adalah business plan. Sebagian besar dari Anda mungkin bingung: apa sih business plan ini dan mengapa hal ini penting untuk dilengkapi? Well, jangan bingung dulu. Coba simak informasi lengkapnya dalam artikel berikut ini, ya.

Business plan atau rancangan bisnis merupakan pedoman yang berisi manajemen bisnis dari awal terbentuk hingga rencana beberapa tahun ke depan. Rancangan bisnis ini sangat penting sebab hal tersebut bisa menjadi acuan untuk perkembangan bisnis Anda selama beberapa tahun ke depan. Pihak penyedia pinjaman tentu tak ingin sembarangan memberikan dananya; mereka ingin melihat potensi bisnis Anda melalui rancangan bisnis Anda.

Selain sebagai pedoman, business plan juga bermanfaat untuk membantu Anda dalam hal berikuti ini:

  • Langkah awal perkembangan bisnis. Business plan bisa berperan sebagai rancangan strategi dan rencana awal untuk bisnis Anda. Sebuah usaha yang baru tentu saja akan sulit berkembang jika dijalankan tanpa sebuah panduan. Dengan menuliskan rencana-rencana di business plan ini, Anda menjadi lebih bersemangat dalam mengembangkan dan mewujudkannya.
  • Menarik minat investor untuk membantu bisnis Anda. Seperti yang sudah disebutkan di atas, penyedia jasa pinjaman, bank, atau bahkan investor pasti meminta business plan Anda sebelum memberikan sejumlah dana. Untuk itu, buatlah rancangan bisnis sedetail dan sejelas mungkin untuk menarik minat mereka.
  • Membuat bisnis Anda lebih terarah dan fokus. Anda harus menuliskan strategis bisnis, detail bisnis, jenis bisnis yang dijalani, dan lain sebagainya di dalam business plan. Ini tentunya akan membantu Anda dalam memahami bisnis yang dijalani dan membuat Anda lebih fokus.
  • Ada rencana bisnis untuk ke depan. Dengan menggunakan strategi bisnis ini, Anda bisa membuat perhitungan mengenai perkembangan bisnis ke depannya. Apa yang akan Anda capai? Berapa besar kenaikan bisnis Anda? Seberapa besar keuntungan yang didapatkan? Bagaimana dengan rencana ekspansi bisnis? Semua pertanyaan-pertanyaan ini bisa Anda perhitungkan dalam business plan.

Gimana, masih bingung soal business plan? Semoga penjelasan sederhana di atas bisa membantu Anda, ya!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s