Melakukan Perjalanan dengan Persiapan Cermat

liburanBerlibur, traveling, atau bahkan melakukan perjalanan yang berskala jauh maupun dekat menjadi kebutuhan jasmani dalam diri setiap pribadi seseorang. Tidak banyak orang yang juga melakukan perjalanan tersebut sebagai sebuah kewajiban dalam pekerjaan.Segala persiapan untuk melakukan suatu perjalanan seperti perlengkapan bepakaian, uang saku, asuransi perjalanan, serta hal-hal lainnya tentu menjadi hal yang wajib.

Namun hal yang perlu untuk diperhatikan adalah kemungkinan yang dapat terjadi dalam melakukan aktivitas perjalanan tersebut. Dapat dikatakan hal tersebut akan menjadi sebuah ‘kejutan’ baik itu yang menguntungkan atau pun merugikan. Tentunya hal yang merugikan tersebut dapat dihindari dengan persiapan-persiapan sederhana berikut ini.

  • Kumpulkan informasi penting mengenai tujuan destinasi.

Destinasi yang dituju tentu memiliki informasi-informasi penting seperti bagaimana kultur yang ditanamkan dalam masyarakat setempat, ciri khas dari destinasi tersebut, pola pikr masyarakat setempat, dan atau keberadaan akses fasilitas seperti ATM, rumah sakit, atau spot-spot lain yang penting.

  • Kenali ‘batas’ dalam diri.

Tentunya hal ini adalah hal wajib untuk dipersiapkan. Apa yang menjadi tujuan dari perjalanan tersebut, budget yang menjadi patokan pengeluaran, keterbatasan dalam diri sendiri seperti hal yang perlu di hindari demi kesehatan tubuh, serta hal-hal lainnya yang menyangkut dengan kemampuan dari pribadi kita sendiri. Jika anda merasa perlu, menjadi pengguna asuransi perjalanan tentu dapat menjadipilihan yang tepat

  • Bawalah dokumen-dokumen penting yang diperlukan.

Tentunya hal ini sangat penting untuk penunjang kelengkapan identitas seperti kartu ATM, paspor, SIM dan KTP, visa, dan atau NPWP untuk pencegahan pembayaran secara fisikal.

  • Uang secukupnya sebagai ‘bekal’ wajib

Hal ini juga menjadi sebuah keperluan yang harus dipersiapkan. Tentunya dengan mempersiapkan kebutuhan uang secara cukup akan membantu kita untuk dapat mengatur pengeluaran yang terjadi di dalam perjalanan tersebut. Selain itu juga sebagai persiapan akan kemungkinan pengeluaran tambahan yang tidak terduga.

  • Persiapkan kebutuhan pribadi.

Manusia memiliki perbedaan dalam hal kebutuhan seperti obat-obatan pribadi, peralatan mandi dengan brand tertentu, serta hal-hal lainnya. Kita perlu untuk mempersiapkan ini untuk menghindari ketidaktersediaan kebutuhan tersebut tidak dapat dipenuhi saat berada dalam perjalanan.

  • Rancang back-up plan untuk hal-hal tidak terduga.

Back-up plan tentu sebagai sebuah cadangan akan kemungkinan-kemungkinan yang diharapkan tidak dapat terjadi saat berada di perjalanan. Tentu hal ini bukan sebuah hal yang wajib, namun dapat menjadi persiapan sebagai ‘wanti-wanti’ dalam perjalanan.

Ada baiknya untuk menjadi pribadi yang mempersiapkan segala hal untuk sebuah kepentingan dan keperluan agar hal-hal yang tak terduga dapat dihadapi dengan tenang. Menjadi pribadi yang cermat dalam persiapan bukankah hal yang mudah?

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s