Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari Agar Kolesterol Tak Melonjak

Obesitas

image source: Alodokter

Banyak cara menurunkan kolesterol tinggi, namun semua itu akan sia-sia jika Anda tak menghilangkan kebiasaan buruk Anda. Yap, ada beberapa kebiasaan buruk yang mungkin tanpa sadar Anda lakukan, yang bisa berpengaruh pada kenaikan kolesterol. Berikut merupakan beberapa kebiasaan yang sebaiknya dihindari atau dihentikan agar kolesterol tidak melonjak:

  • Malas olahraga dan gaya hidup yang toxic. Ya, we get it: hidup di perkotaan yang serba sibuk memang membuat Anda jarang punya waktu untuk berolahraga. Jangankan olahraga, untuk makan makanan yang sehat saja sulit. Alhasil, Anda pun lebih sering mengonsumsi makanan olahan seperti nugget atau sosis dan juga fast food. Padahal, makanan-makanan tersebut mengandung kolesterol yang sangat tinggi dan membuat kolesterol di dalam tubuh meninngkat. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi makanan yang direbus atau dikukus dan menghindari makanan yang digoreng. Tidak hanya itu, membiasakan diri untuk selalu beraktivitas rutin pun bisa membantu meningkatkan HDL di dalam tubuh.
  • Minum alkohol. Untuk Anda yang punya kebiasaan mengonsumsi alkohol sebagai cara untuk melepas stres setelah bekerja seharian, mungkin sebaiknya Anda cari alternatif lain yang lebih menyehatkan. Pasalnya, alkohol ternyata berdampak pula pada kenaikan kolesterol di dalam tubuh. Racun yang ada pada alkohol akan memengaruhi fungsi jantung, pembuluh darah, dan juga organ hati. Tidak heran, tubuh pun mengalami kesulitan untuk membakar kolesterol dan kadarnya akan menjadi lebih tinggi saat terakumulasi pada pembuluh darah.
  • Tidak mengambil langkah lebih lanjut saat mengalami obesitas. Obesitas atau kelebihan berat badan memang bisa menimpa siapa saja. Namun demikian, jika Anda memang menderita obesitas, baiknya jangan diam saja dan segera lakukan langkah lebih lanjut untuk mengontrol berat badan Anda. Mengapa? Pasalnya, ketika tubuh obesitas dan Anda membiarkannya begitu saja, maka kadar kolesterol di dalam tubuh pun akan tinggi karena adanya lemak yang menumpuk. Sebagai tindak lanjutnya, Anda bisa mencoba menurunkan berat badan sebanyak 10% dari IMT atau Indeks Masa Tubuh agar tidak mengidap penyakit kardiovaskular yang fatal.

Itu dia kebiasaan buruk yang sebaiknya dihindari agar kolesterol Anda tidak melonjak. Semoga membantu, ya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s