Ingin Punya Uang Lebih untuk Ditabung? Tiru Trik Ini

uangMenabung pangkal kaya. Pepatah ini memang benar adanya. Namun demikian, menabung tidaklah semudah kelihatannya. Tak jarang, uang bulanan kamu habis begitu saja tanpa sempat ditabung. Bahkan, kamu pun sering mengajukan pinjaman tunai semata karena uang gajimu sudah habis untuk hal-hal yang tidak disadari. Nah, agar kamu tidak terjebak dalam kondisi ini dan bisa memiliki uang yang banyak untuk ditabung, coba ikuti trik ini, ya!

  • Tabung di awal. Konsep menabung di akhir adalah omong kosong karena pada akhirnya kamu tidak akan menyisihkan sepeser pun uang untuk ditabung. Untuk itu, biasakan untuk menabung uangmu di awal dan simpan di rekening terpisah agar tidak terpakai untuk hal-hal lain. Berapa besar uang yang harus ditabung setiap bulan? Well, kembali lagi pada jumlah pendapatanmu. Baiknya sih, minimal 10% masuk ke dalam tabunganmu.
  • Sisihkan sedikit dari pendapatan untuk diri sendiri. Mengapa ini penting? Sebab meskipun kamu sedang berusaha untuk berhemat, menyisihkan sedikit uang untuk diri sendiri tidak ada salahnya. Malah kamu akan semakin bersemangat untuk mengumpulkan uang agar bisa merasakan reward yang lebih lagi untuk diri sendiri. Kamu bisa gunakan uang itu untuk makan di restoran enak, membeli barang yang sudah lama kamu inginkan, atau bahkan kamu bisa melakukan liburan ekonomis jika tidak mudik saat Lebaran Idul Fitri. Namun ingat lagi, dana yang disisihkan sebaiknya tidak lebih dari 5% gajimu, ya.
  • Bijak dalam berbelanja. Tidak bisa disangkal, kebiasaan berbelanja ini seringkali menjadi pengeluaran terbesar setiap bulannya. Bahkan ketika kamu sedang kalap, uang tabungan pun sering menjadi sasaran untuk memuaskan hasrat belanjamu. Jika ini sering terjadi pada dirimu, yuk coba belajar untuk menahan diri dan lebih bijak dalam berbelanja. Beli barang yang benar-benar dibutuhkan dan tahan diri untuk tidak membeli barang yang kamu inginkan.
  • Hindari menggunakan kartu debit saat belanja. Menggunakan kartu debit untuk belanja justru akan membuat kamu sulit dalam mengontrol pengeluaran. Sebab kamu merasa tidak mengeluarkan uang dan hanya ‘menggesek’ kartu saja untuk belanja. Belanjalah dengan menggunakan uang tunai sehingga kamu bisa melihat sudah berapa banyak uang yang dihabiskan untuk belanja.

Dengan menerapkan tips di atas, kamu jadi punya uang lebih untuk disisihkan dan disimpan di dalam tabungan. Semoga bermanfaat, ya!

Tinggalkan komentar