Ini Detail yang Sering Terlupakan Saat Beli Rumah

rumah

image source: TreeHugger

Memiliki rumah sendiri merupakan impian setiap orang. Nah, jika Anda sudah memiliki dana untuk membeli rumah, entah itu hasil dari pinjam uang ke bank atau karena menabung bertahun-tahun, sebaiknya perhatikan beberapa hal di bawah ini. Membeli rumah bukanlah perkara mudah, sehingga diharapkan dengan melakukan beberapa hal di bawah ini, Anda akan terhindar dari rasa kecewa di kemudian hari.

Atap

Bagian atap seringkali hanya dilihat secara sekilas begitu membeli rumah. Bangunan rumah kokoh, atap kelihatannya bagus, maka done; selesailah pemeriksaan rumah yang hendak dibeli. Padahal seharusnya tidak boleh demikian, lho. Atap merupakan bagian yang signifikan bagi sebuah rumah, maka Anda pun harus detail ketika memeriksanya. Cek bagian atap secara menyeluruh, lihat bagian genting atau kayu-kayunya. Jika ada tanda kerusakan seperti munculnya rayap atau sudah terlihat rapuh, minta penjual untuk menggantinya.

Saluran Pipa Air

Sebagian dari Anda mungkin hanya bertanya, “Bagaimana air di rumah ini?” tanpa memeriksanya terlebih dahulu. Ya, air memang masalah yang krusial. Tidak ada yang mau menempati sebuah rumah yang sulit mendapatkan air. Hanya saja, Anda tidak bisa hanya bergantung pada pendapat pemilik rumah. Cek sendiri dengan kedua mata kepala sendiri. Nyalakan keran yang ada di rumah tersebut, cek apakah pipa airnya berjalan normal, dan lihat apakah ada kerusakan atau tidak. Jika semuanya oke, maka bisa dipastikan saluran pipa airnya pun normal.

Jendela

Meski terkesan remeh, jendela juga patut diperhatikan ketika hendak membeli rumah. Lihatlah apakah bagian jendelanya kokoh atau malah rapuh? Jendela yang rapuh akan menyusahkan Anda nantinya karena mudah diterobos oleh orang-orang yang berniat jahat pada Anda. Jika memang jendelanya memiliki teralis, Anda bisa melihat apakah teralis besinya keropos atau tidak. Lebih baik Anda mengetahui kondisinya sejak awal dibanding menyadari hal tersebut ketika sudah telanjur membeli rumah.

Kunci

Gantilah kunci pintu pagar dan pintu utama ketika Anda sudah benar-benar memiliki rumah tersebut. Mengapa? Sebab dikhawatirkan pemilik sebelumnya masih memiliki kunci cadangan sehingga mereka bisa masuk ke rumah Anda tanpa izin. Memang kemungkinan ini sangat kecil sekali, tetapi lebih baik berjaga-jaga dibanding menanggung celaka, bukan?

Itu dia beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan saat hendak membeli rumah. Semoga membantu, ya!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s